2

pengertian Menu Navigasi, Manfaat dan Fungsinya

Posted by Unknown on 06.39 in
  Pengertian Menu Navigasi

     Navigasi adalah petunjuk posisi dan arah perjalanan. Di dalam dunia web, navigasi dianggap penting agar user yang sedang berada di dalam halaman tertentu tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website Anda.
      Menu adalah bagian dari website yang berisi link-link utama yang mengarah pada halaman tertentu di sebuah website
Biasanya, pada sebuah website, navigasi tertampil pada menu dan link yang terstruktur. Seringkali, saat kita membuka sebuah website, kita merasa kesal karena tidak mendapatkan halaman website yang dicari dikarenakan navigasi yang ruwet dan tidak jelas.
    Selain itu dapat diartikan, Menu navigasi adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh si pemilik situs dimana didalamnya berisi sekumpulan link-link penting. Menu navigasi juga berfungsi sebagai pemandu kepada pengunjung agar dapat lebih mudah dalam menentukan kategori yang diinginkan tanpa harus bersusah payah mencarinya.
Menu navigasi dapat berbentuk mendatar (horizontal) atau menurun (vertical) juga dapat dibuat bercabang dengan sub menu (dropdown) atau tidak, tergantung kebutuhan dari situs tersebut

Definisi Struktur Navigasi

    Menurut Kurniawan (2010:213) Pada pengembangan aplikasi berbasis web, tentunya dalam membuat lebih dari satu halaman web, bahkan bisa ratusan jika aplikasi yang dibangun kompleks. Oleh karenanya navigasi adalah fitur yang harus disediakan. Navigasi berfungsi untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain pada suatu aplikasi berbasis web, yang juga digunakan untuk memberikan informasi lokasi halaman yang sedang dibuka. 


Fungsi dari menu navigasi

untuk mempermudah pembaca saat melihat ataupun melakukan pencarian suatu label/judul yang ada di blog yang dikunjunginya.


Ada beberapa manfaat dari menu navigasi, yaitu :
  1. Mempercepat Untuk Mendapatkan Sitelin.. Dengan adanya menu navigasi maka blog/web semakin cepat mendapatkan sitelink karena sebagian dari beberapa sitelinknya berasal dari menu navigasi.
  2. Dinilai Sebagai Web/Blog Profesional.. Mengapa dinilai sebagai profesional ? . karena kita telah menyusun rapih artikel artikel kita dan telah mengatur sekat antara post 1 dan post lainya serta kita telah mengatur web kita menjadi user friendly karena dengan mudah para visitor untuk menjelajahi blog kita dan dengan mudah mengunggah daya tarik pengunjung.
  3. Dinilai Baik dari Google... Dinilai baik oleh google karena kita telah memanjakan visitor dan google tau itu . maka dari itu google akan menilai lebih pada blog kita

2 Comments


apa sumber web nya dari diri sendiri atau mengambil dari sumber web lain?? apakah sumbernya terpercaya? terima kasih


keren kak. Terimakasih karena telah berbagi...

Posting Komentar

Copyright © 2009 May be All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.