0
Toko Online dan Advertising Business
Posted by Unknown
on
09.21
in
Artikel
Pengertian, contoh TOKO Online & Advertising Business
kita tentunya sering mendengar toko online, bahkan banyak diantara kita belaja di toko online. karena itu disini saya memberi sedikit gambaran tentang toko online serta Advertising Business yang sangat erat kaitannya dengan meningkatnya suatu pesanan. (https://buatokonline.wordpress.com/2013/01/01/pengertian-dan-definisi-toko-online/)(http:// kopitoraja.weebly.com/apa-itu-dropshipping.html)
Dari segi bahasa, toko online
berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual
barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya). Sedangkan Online yang
terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring,
menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu
jaringan ataupun sistem yang lebih besar.
Jadi dapat diartikan toko online sebagai tempat
terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam
suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet , dimana ia bisa mendapatkan
produk dengan hanya pemesanan, sehingga tidak terlibat langsung dengan penjual. Di toko online proses transaksi yang
kita lakukan tidak jauh berbeda dengan belanja di toko biasa. Bila di toko
biasa kita dilayani oleh manusia, di toko online kita dilayani melalui mesin. Saat ini banyak toko online yang
tersedia, contoh nya Lazada, OLX, Toko Pedia, Zalora dan lainnya.
Di toko online sering mendengar
istilah Dropshipper/ dropshipping. Dropshipping adalah rantai jual-beli antara grosir
– pengecer – pembeli di mana pengecer tidak menyimpan barang dalam bentuk
stock, tetapi hanya mentransfer pesanan pembeli dan rincian pengirimannya
kepada grosir. Setelah pengecer menerima pembayaran dari pembeli, pengecer
memesan pesanan yang sama dari pembeli ke grosir. Kemudian setelah mengambil
selisih harga sebagai keuntungan langsung pengecer, pengecer membayar pesanan kepada
grosir dan grosir langsung mengirim pesanan kepada pembeli.
Dalam toko online teradapat proses sistem kerja dropship,
dimana dimulai dari proses promosi yang dilakukan oleh dropshipper di toko
online, social media seperti Facebook, kemudian adanya interaksi pembeli
terhadap produk dan terjadi proses transaksi pembelian produk dari konsumen ke
dropshipper dan langkah selanjutnya dropshipper melakukan komunikasi kepada supplier
agar produk bisa dikirimkan ke konsumen yang telah memesan produk yang di jual
oleh dropshipper.
Pada sistem otomatisasi toko online yang digunakan oleh dropshipper untuk menampilkan produk yang dijual. Sistem otomatisasi yang dimaksud disini adalah suatu sistem yang dapat mengatur biaya harga total suatu produk yang harus dibayarkan oleh konsumen ke dropshipper. Biaya total sudah termasuk biaya pengiriman.
Masalah yang dihadapi oleh seorang dropshipper adalah soal domisili dropshipper dan supplier yang berbeda. Contoh, dropshipper berada di Jakarta, supplier berada di Bandung dan konsumen berada di Jogja. Kendalanya adalah ketika si konsumen membeli suatu produk, dimana produk tersebut memiliki alamat di Jakarta, namun produk yang diterima oleh konsumen ternyata berasal dari Bandung. Maka konsumen akan complain terhadap persoalan ini berhubung ada perbedaan di biaya pengiriman.
Pada sistem otomatisasi toko online yang digunakan oleh dropshipper untuk menampilkan produk yang dijual. Sistem otomatisasi yang dimaksud disini adalah suatu sistem yang dapat mengatur biaya harga total suatu produk yang harus dibayarkan oleh konsumen ke dropshipper. Biaya total sudah termasuk biaya pengiriman.
Masalah yang dihadapi oleh seorang dropshipper adalah soal domisili dropshipper dan supplier yang berbeda. Contoh, dropshipper berada di Jakarta, supplier berada di Bandung dan konsumen berada di Jogja. Kendalanya adalah ketika si konsumen membeli suatu produk, dimana produk tersebut memiliki alamat di Jakarta, namun produk yang diterima oleh konsumen ternyata berasal dari Bandung. Maka konsumen akan complain terhadap persoalan ini berhubung ada perbedaan di biaya pengiriman.
Keuntungan menjadi dropshipper :
- Tidak memerlukan modal,
- Tidak perlu menyetok barang,
- Tidak dibingungkan dengan proses packaging ataupun pengiriman barang
Kekurangan menjadi dropshipper :
- Kadang tidak memiliki product knowledge yang baik, karena produk tidak dimilikinya,
- Promosi secara langsung kurang efektif karena tidak memiliki produk fisiknya.
INTI PERBEDAAN DROPSHIP DAN RESELLER
- Reseller biasa pembelian dengan jumlah banyak.
- Dropship tergantung permintan customer.
lalu apa itu Advertising business?
mungkin agak asing dengan hal itu, namun secara umum kita telah banyak menemukan contohnya di lingkungan sekitar kita.
Advertising
adalah usaha yang bergerak di bidang periklanan. Advertising tidak akan pernah
lepas dari ide. Karena dari ide inilah suatu iklan menjadi bernilai.
Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan
iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising. Seiring
dengan pesatnya dunia bisnis dan usaha, advertising dapat menjadi salah satu
alternatif usaha, karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa periklanan.
Bahkan,
biasanya dalam suatu perusahaan, marketing adalah hal yang paling utama. Jadi,
pangsa pasar untuk usaha advertising sangat luas. Dalam hal
keuangan, advertising tidak membutuhkan banyak modal, karena fungsinya hanya
sebagai distributor dengan mengandalkan kreatifitas. Advertising hanya
memberikan ide ide kreatif pada produk iklan.
Pengertian bisnis menurut Prof.Owen bahwa bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan
dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun
memberikan harga pada setiap jasanya.
Pengertian bisnis menurut Prof.L.R.Dicksee bahwa bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya
bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang
berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut. (http://www.lebahmaster.com/bisnis-2/manajemen-bisnis/pengertian-iklan)
jadi, advertising business yakni periklanan yang digunakan dalam mempromosikan suatu produk, sehingga produk tersebut mampu menarik perhatian dan meyakinkan masyarakat, sehingga mampu mendapat keuntungan dari produk atau barang yang dipromosikan.
kegiatan
memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media
massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi,
radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan
sebagainya”
Pengertian
iklan juga
perlu kita pahami agar kita bisa lebih professional dalam setiap kita melakukan
pasang iklan. Dengan mengetahui pengertian iklan maka kita akan bisa menempatkan
iklan pada tempatnya.
contoh periklanan nya
Informative Advertising
ciri -ciri iklan Informatif :
ciri -ciri iklan Informatif :
- Menjelaskan kepada konsumen cara kerja produk.
- Mengurangi ketakutan konsumen.
- Mengoreksi kelebihn dan kekurangan produk.
- produk baru yang sudah ada.
- Bertujuan untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk atau fitur-fitur
- Menginformasikan perubahan harga dan kemasan produk.
Persuasive Advertising
Iklan Persuasif Memiliki ciri :
Iklan Persuasif Memiliki ciri :
- Menganjurkan orang untuk membeli.
- Mengubah persepsi / cara pandang konsumen.
- Membujuk konsumen untuk membeli sekarang.
- menggunakan barang dan jasa.
- Mempersuasif khalayak untuk memilih merk tertentu.
- Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli.
Reminder Advertising
Ciri -
Ciri Iklan Reminder :
- Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
- Mengingatkan pembeli dimana bisa membeli dan mendapatkan produk tersebut.
- Menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind).
Posting Komentar