0

Toko Online dan Advertising Business

Posted by Unknown on 09.21 in

Pengertian, contoh TOKO Online & Advertising Business

kita tentunya sering mendengar toko online, bahkan banyak diantara kita belaja di toko online. karena itu disini saya memberi sedikit gambaran tentang toko online serta Advertising Business yang sangat erat kaitannya dengan meningkatnya suatu pesanan. (https://buatokonline.wordpress.com/2013/01/01/pengertian-dan-definisi-toko-online/)(http://  kopitoraja.weebly.com/apa-itu-dropshipping.html)
Dari segi bahasa, toko online berasal dari dua suku kata, Toko dan Online. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, toko berarti sebuah tempat atau bangunan permanen untuk menjual barang-barang (makanan, minuman, dan sebagainya).  Sedangkan Online yang terjemahan bahasa indonesianya adalah dalam jaringan atau disingkat daring, menurut Wikipedia adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.

Jadi  dapat diartikan toko online sebagai tempat terjadinya aktifitas perdagangan atau jual beli barang yang terhubung ke dalam suatu jaringan dalam hal ini jaringan internet , dimana ia bisa mendapatkan produk dengan hanya pemesanan, sehingga tidak terlibat langsung dengan penjual. Di  toko online proses transaksi yang kita lakukan tidak jauh berbeda dengan belanja di toko biasa. Bila di toko biasa kita dilayani oleh manusia, di toko online kita dilayani melalui  mesin. Saat ini banyak toko online yang tersedia, contoh nya Lazada, OLX, Toko Pedia,  Zalora dan lainnya.

Di toko online sering mendengar istilah Dropshipper/ dropshipping. Dropshipping adalah rantai jual-beli antara grosir – pengecer – pembeli di mana pengecer tidak menyimpan barang dalam bentuk stock, tetapi hanya mentransfer pesanan pembeli dan rincian pengirimannya kepada grosir. Setelah pengecer menerima pembayaran dari pembeli, pengecer memesan pesanan yang sama dari pembeli ke grosir. Kemudian setelah mengambil selisih harga sebagai keuntungan langsung pengecer, pengecer membayar pesanan kepada grosir dan grosir langsung mengirim pesanan kepada pembeli.


Dalam toko online teradapat proses sistem kerja dropship, dimana dimulai dari proses promosi yang dilakukan oleh dropshipper di toko online, social media seperti Facebook, kemudian adanya interaksi pembeli terhadap produk dan terjadi proses transaksi pembelian produk dari konsumen ke dropshipper dan langkah selanjutnya dropshipper melakukan komunikasi kepada supplier agar produk bisa dikirimkan ke konsumen yang telah memesan produk yang di jual oleh dropshipper.
Pada sistem otomatisasi toko online yang digunakan oleh dropshipper untuk menampilkan produk yang dijual. Sistem otomatisasi yang dimaksud disini adalah suatu sistem yang dapat mengatur biaya harga total suatu produk yang harus dibayarkan oleh konsumen ke dropshipper. Biaya total sudah termasuk biaya pengiriman.
Masalah yang dihadapi oleh seorang dropshipper adalah soal domisili dropshipper dan supplier yang berbeda. Contoh, dropshipper berada di Jakarta, supplier berada di Bandung dan konsumen berada di Jogja. Kendalanya adalah ketika si konsumen membeli suatu produk, dimana produk tersebut memiliki alamat di Jakarta, namun produk yang diterima oleh konsumen ternyata berasal dari Bandung. Maka konsumen akan complain terhadap persoalan ini berhubung ada perbedaan di biaya pengiriman.
Keuntungan menjadi dropshipper :
  • Tidak memerlukan modal, 
  • Tidak perlu menyetok barang, 
  • Tidak dibingungkan dengan proses packaging ataupun pengiriman barang
Kekurangan menjadi dropshipper :
  • Kadang tidak memiliki product knowledge yang baik, karena produk tidak dimilikinya, 
  • Promosi secara langsung kurang efektif karena tidak memiliki produk fisiknya.
INTI PERBEDAAN DROPSHIP DAN RESELLER
  • Reseller biasa pembelian dengan jumlah banyak. 
  • Dropship tergantung permintan customer.

lalu apa itu Advertising business?
mungkin agak asing dengan hal itu, namun secara umum kita telah banyak menemukan contohnya di lingkungan sekitar kita.
Advertising adalah usaha yang bergerak di bidang periklanan. Advertising tidak akan pernah lepas dari ide. Karena dari ide inilah suatu iklan menjadi bernilai. Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising. Seiring dengan pesatnya dunia bisnis dan usaha, advertising dapat menjadi salah satu alternatif usaha, karena hampir semua perusahaan membutuhkan jasa periklanan. 
Bahkan, biasanya dalam suatu perusahaan, marketing adalah hal yang paling utama. Jadi, pangsa pasar untuk usaha advertising sangat luas. Dalam hal keuangan, advertising tidak membutuhkan banyak modal, karena fungsinya hanya sebagai distributor dengan mengandalkan kreatifitas. Advertising hanya memberikan ide ide kreatif pada produk iklan.

Pengertian bisnis menurut Prof.Owen bahwa bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.  
Pengertian bisnis menurut Prof.L.R.Dicksee bahwa bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut. (http://www.lebahmaster.com/bisnis-2/manajemen-bisnis/pengertian-iklan)

  jadi, advertising business yakni periklanan yang digunakan dalam mempromosikan suatu produk, sehingga produk tersebut mampu menarik perhatian dan meyakinkan masyarakat, sehingga mampu mendapat keuntungan dari produk atau barang yang dipromosikan.
kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya

Pengertian iklan juga perlu kita pahami agar kita bisa lebih professional dalam setiap kita melakukan pasang iklan. Dengan mengetahui pengertian iklan maka kita akan bisa menempatkan iklan pada tempatnya.
contoh periklanan  nya 


 
Informative Advertising
ciri -ciri iklan Informatif :
  • Menjelaskan kepada konsumen cara kerja produk.

  • Mengurangi ketakutan konsumen.

  • Mengoreksi kelebihn dan kekurangan produk.

  • produk baru yang sudah ada.

  • Bertujuan untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk atau fitur-fitur
  • Menginformasikan perubahan harga dan kemasan produk.
 

Persuasive Advertising
Iklan Persuasif Memiliki ciri :

  • Menganjurkan orang untuk membeli.

  • Mengubah persepsi / cara pandang konsumen.

  • Membujuk konsumen untuk membeli sekarang.

  • menggunakan barang dan jasa.

  • Mempersuasif khalayak untuk memilih merk tertentu.

  • Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli. 

Reminder Advertising
Ciri - Ciri Iklan Reminder :

  • Menjalin hubungan baik dengan konsumen.

  • Mengingatkan pembeli dimana bisa membeli dan mendapatkan produk tersebut.

  • Menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind).
Bertujuan untuk mendorong pembelian ulang barang dan jasa. (https://riskarostikan.wordpress.com/2013/11/03/definisi-iklan-dan-jenis-iklan/)




0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 May be All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.